AdSEnsCamp.Com

20110607

Rutusu' ( Cacing laut/ cacing berkaki) untuk UMPAN





Pernahkah anda melihat/ mepergunakan Rutusu' ( Cacing laut/ cacing berkaki) sebagai umpan pancing....
banyak orang menggunakan udang hidup saja sebagai umpan untuk memancing..... tetapi sebenarnya Rutusu' juga bagus sebagai umpan alternatif dalam mancing.



Rutusu' (Cacing Laut)
Rutusu' itu jenis cacing laut yang berkaki banyak dan berwarna putih kemerahan atau yang tak berkaki berwarna kehitaman seperti belut mas.  jenis ini hanya ada di pantai berpasir putih dan berdasar karang. Cacing ini biasanya berada di batas antara air dan pasir, saat air surut adalah waktu yang tepat untuk mencarinya. Cara mencarinya kita tinggal mengeruk pasir yang sudah diketahui ada cacingnya ( karena biasanya lokasinya sudah diketahui).
Kalau untuk jenis cacing yang kedua biasanya berada di muara2 sungai atau pantai berpasir hitam, cara mencarinya dengan alat seperti sabit tapi tidak tajam, caranya alat itu ditancapkan di pasir kemudian ditarik mundur, dan dengan sendirinya kalau ada cacing yang terlewati alat ini akan tersangkut dengan sendirinya. Sebetulnya alat inipun bisa digunakan untuk mencari jenis cacing yang pertama asal dasarannya rata.Contoh Rutusu' : Suka umpan yang mana ? .



Rutusu' (cacing laut) juga bisa kita jumpai di sekitaran pohon bakau (tepi pantai)di lumpur tanah yg agak keras, dikedalaman sktr 30cm, gali aja pake bilah bambu ato yg lebih bagus sih pake tangan, karena gerakan cacing ini cepat skli...cacingnya kecil agak kemerahan.
akan tetapi kalau malas mencari, kita hanya siapakan Rp 10.000, cukup buat mancing seharian,

14 komentar:

  1. kalo mau beli rutusu di mana ya?

    BalasHapus
  2. Qta bisa langsung ke jalan Nuri kota makassar.... disekitaran jalan tsb.... banyak yang jualan Rutusu'... klo perlu... bertanya pada masyarakat sekitar situ... insya allah... diarahkan jeQ.... Thanks....

    BalasHapus
  3. Info yang berguna dan bermanfaat untuk para pemancing. salam kenal om dari pemula mancing :-D

    BalasHapus
  4. Terima kasih bang infonya bermanfaat dan berguna banget

    BalasHapus
  5. Alamat jelasnya untuk beli rutusu' dimana yah??

    BalasHapus
  6. Untuk daerah makassar no tlpn 081343269353

    BalasHapus
  7. Masih ada kah rutusu ta tolong bls cpat

    BalasHapus

Chitika

Welcome In ANAK MAKASSAR BISA TONJI

Tabe' Di'

SELAMAT DATANG saya ucapkan kepada sodara.... karena sudi menjadi MEMBER di blog "ANAK MAKASSAR BISA TONJI

Tutorial Blog

Berminat Pasang Iklan : Klik Disini

Member Login

Lupa password?

Not a member yet? Sign Up!

Selengkapnya di: Membuat Sliding Login/Register Form Panel di Blog | Kode Blogger http://kode-blogger.blogspot.com/2011/05/membuat-sliding-loginregister-form.html#ixzz1TUQ1WASW