AdSEnsCamp.Com

20110705

Beternak Cacing Susu Untuk Penghematan/ sekaligus menguntungkan

Karena banyaknya kebutuhan cacing susu untuk umpan pemancing di Indonesia & dimakassar khususnya, akibat kemarau….sehingga Tanah yang biasa ditempati cacing kering…..
Oleh karena itu, ada baiknya kita mensiasati nya dengan cara beternak cacing. Itung– itung Penghematan chuy…. heheh. Sekaligus Bisa jadi lahan Penghasilan tambahan.... heheheh (Kan Bisa Dijual Chuy....)

Mari kita mencoba beternak cacing susu, dengan langkah2 persiapan sebagai berikut:
Kata Orang, Cacing tanah cocoknya hidup pada suhu udara 19 derajat celcius dan biasa diternakan di semua daerah lembab…. Sejuk…. Jadi artinya cacing cocoknya daerah yang terhindar dari matahari langsung…. Ok…
Pertama-pertama yang  kita lakukan dalam ternak cacing adalah membuat kandang dari bahan Triplex/ papan, bisa juga dari bambu, rumbia, papan bekas, ijuk dan genteng tanah liat. Kandang cacing ukuran 120 x 120 x 20 cm yang didalamnya dibuat rak-rak bertingkat, berupa rak kayu atau rak plastic sebagai media ternak cacing. Bangunan kandang dapat pula tanpa dinding (bangunan terbuka), Model rak yang digunakan antara lain : rak dari bak plastic, kotak bertumpuk, rak pancing bertingkat atau rak pancing berjajar (rak pancing adalah rak yang berbahan terpal yang disusun bertingkat atau berjajar).
Pilih indukan cacing untuk bibit berumur ±3-4 bulan dengan ciri indukan yang sehat antara lain cacing dewasa yang sudah memiliki gelang (klitelum) pada tubuh bagian depan, tidak bau dan kelihatan segar. Masukkan bibit kedalam media tumbuh cacing berupa kotoran ternak sapi yang sudah diendapkan ±3 minggu.

Kotoran sapi sangat bagus untuk perkembangangan berat badan dan perkembangbiakan cacing Susu. “Masukan 1½ kg cacing pada satu bak dari bahan kotak kayu atau wadah yang terbuat dari plastic maupun terpal dicampur 1½ kg serbuk gergaji yang telah direndam dalam air untuk menghilangkan getah dan bau bibit cacing serta 4 kg kotoran sapi yang sudah diendapkan atau sudah mulai menghitam.
Pakan diberikan setiap hari berupa ampas kelapa, ampas tahu atau ampas aren, kotoran sapi yang masih dalam kondisi segar atau masih berwarna hijau, kompos dari sampah pasar dan sampah organic rumah tangga. Perbandingan antara pakan, dan media (kotoran sapi diendapkan ) 1:3.

Dalam jangka waktu dua minggu cacing tersebut akan bertelur. Selanjutnya 7-10 hari masing-masing cacing menghasilkan 1 buah kotoran, kotoran berbentuk lonjong dan berukuran sekitar ¼ besar kepala korek api. Calon Anakan/Kokon ini diletakan di tempat yang lembab. Dalam waktu 15-25 hari kokon akan menetas. Setiap kokon mengandung 2-20 telur tetapi yang dapat hidup rata-rata sekitar 4 ekor. Telur yang matang akan terlihat kekuningan, dan sebaiknya dipisahkan antara cacing induk dengan telurnya.

selanjutnya........ persiapan panen.....
SELAMAT MENCOBA Cika'.....

18 komentar:

  1. sulit untuk diternakkan.

    BalasHapus
  2. bos nyari induk nya di mana apa da jual

    BalasHapus
  3. Salam,Pak, ada jual cacing jg di Makassar ? Kalau ada sy mau beli sdkt. Trims..

    BalasHapus
  4. Maaf, ini email saya: phoen85jj@yahoo.com

    Kalau bisa diinfokan kembali. Trimakasih.

    BalasHapus
  5. saya sudah ternak dan berhasil....alhamdulillah.....perkilo 60ribu.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. nomor telpon ada bro?

      Hapus
  6. cacingnya dijual dimana berow??? dikampungku banyka cacing tanh

    BalasHapus
  7. boleh minta alamat yang jual cacing tanah lumbricus untuk bibit, pak? saya tinggal di makassar (082346831985)

    BalasHapus
    Balasan
    1. info aja : bbrapa blan lalu aq pesan kokon lumbricus dsini https://cacinglumbricus.wordpress.com/jual-bibit-cacing/

      Krn klo kirim cacingx harus jmput si bandara...

      Untk sekitar makassar coba hub nomor ini WhatsApp Call +62 852-9835-4805, mungk. hasil ternakx sdh banyak, aq pernah mau bli 10kg tapi blm cukup. Coba hubx aja mas bro...

      Hapus
  8. kalau wadah gabus sterofon cocok jie di jadikan kandang cacing.

    BalasHapus
  9. jual cacing tanah lumbricus Umpan Pancing, Pakuhaji Kab Tangerang, Pak Maulana 021-95855015 Harg Tidak Mengikat ( Rp 20rb Per Ons )

    BalasHapus
  10. salam kenal buat teman2 pemancing empang khususnya yang mancing pakai cacing, melihat dari langkahnya cacing susu saat ini maka saya mulai membudi dayakan cacing lubricus rubellus dan alhamdulillah jenis cacing ini tdk kalah juga dengan jenis cacing susu/phospor,jadi kalau butuh bisa jalan2 ke tempat pembibitan cacing saya.....daripada jauh2 kejawa......alamat saya jl.tidung mariolo v (Bapak Syifa
    082220003151)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bibit lumbricus-rubellus jual berapa per kilo pak?

      Hapus
  11. Saya minta infonya untuk daerah paropo jual cacing dimna ya untuk ukuran yang besar2

    BalasHapus
  12. Saya minta infonya untuk daerah paropo jual cacing dimna ya untuk ukuran yang besar2

    BalasHapus
  13. bro ada nmor hp nggak yg bisa di hubungi

    BalasHapus
  14. yg jual bibit cacing susu di sekitaran maros dan makassar ada gak gan?
    klo ada tolong hubungi sy ke 081356774591
    terima kasih

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Chitika

Deretan Video Mancing Mania

Loading...

Welcome In ANAK MAKASSAR BISA TONJI

Tabe' Di'

SELAMAT DATANG saya ucapkan kepada sodara.... karena sudi menjadi MEMBER di blog "ANAK MAKASSAR BISA TONJI

Tutorial Blog

Berminat Pasang Iklan : Klik Disini

Member Login

Lupa password?

Not a member yet? Sign Up!

Selengkapnya di: Membuat Sliding Login/Register Form Panel di Blog | Kode Blogger http://kode-blogger.blogspot.com/2011/05/membuat-sliding-loginregister-form.html#ixzz1TUQ1WASW